Di Pagi Yang Masih Buta Itu…

Apa ini bisa disebut pengalaman aneh?

Aku termasuk orang yang susah bangun pagi. Padahal sebagai seorang Muslim yang ingin masuk Surga, tentu saja aku harus bisa dan rajin bangun pagi. Sholat Subuh ngga boleh dilewatkan, untuk alasan apapun itu (kecuali bagi perempuan yang lagi ‘tanggal merah’ lho ya. Ngerti, kan?). Setelah selesai sholat pun, sebaiknya jangan kembali tidur. Ya ngapain kek, bersih-bersih, bantuin Ibu nyiapin sarapan, atau nyeduh kopi. Tapi sayang sekali, Sodara sodara, si pemalas ini melakukan hal yang sebaliknya. Setelah selesai sholat Subuh (yang tentu saja setelah dibangunkan Ibu), aku balik lagi ke tempat tidur. Padahal sih, ngga tidur. Cuman meringkuk aja di balik selimut, sambil meluk guling. Padahal efeknya ke badan ngga bagus banget. Badan bisa pegal-pegal sepanjang hari, terutama bagian pinggang. Aku ngga tau apa cuman aku aja yang mengalami ini.

Makanya, PR banget kalo misalnya Ibu ngga ada di rumah karena harus dinas ke luar kota selama beberapa hari. Siapa yang bakal ngebangunin siluman kebo (baca: aku) ini tiap pagi?? Ibu yang biasanya selalu bangun pagi, untuk sholat malam, lalu lanjut masak. Baru saat adzan Subuh berkumandang, Ibu membangunkan pasukan kebo yang lain, yaitu Bapak dan kakakku. Yap, Ibu adalah alarm hidup yang bisa bernapas dan berjalan. Pasang weker di kamar pun, ngga ngaruh. Kalo weker-nya bunyi, aku cuman bangun buat matiin tuh weker, lalu lanjut tidur lagi.

Berisik! Gue masih ngantuk!

Tapi beberapa hari belakangan ini, anehnya aku selalu terbangun dini hari. Kira-kira jam 3 atau jam 4. Tepatnya, sejak aku selalu baca surat Al Fatihah 3x, lalu lanjut Surat Al Ikhlas-Al Falaq-An Nas-Ayat Kursi. Yap, dulu aku terlalu malas untuk melakukan itu. Akibatnya, aku sering ‘diganggu’. Kadang aku baca doa, kadang langsung tidur aja. Tiap kali aku lupa baca doa sebelum tidur itulah, aku ‘diganggu’. Entah lewat mimpi buruk (BANGET!) atau ketindihan. Untuk itulah, sekarang aku selalu baca doa tiap malam, sebelum tidur, meminta perlindungan pada Tuhan dari segala hal yang buruk.

Aku ngga tau apa doa malam sebelum tidur itu ternyata memberi efek lain, yaitu aku bisa tiba-tiba terbangun di pagi-pagi buta. Tapi toh itu bukan hal yang buruk. Aku ngga perlu khawatir bakal bangun kesiangan dan melewatkan sholat Subuh. Aku malah merasa senang dengan kebiasaan baru itu.

Sampai akhirnya, hal itu terjadi.

Di suatu pagi yang masih buta, antara sadar dan ngga, aku mendengar Bapak membangunkanku karena sudah waktunya sholat Subuh. Saat itu Ibu sedang ngga ada di rumah, tugas dinas ke luar kota selama 4 hari. Suara Bapak saat membangunkanku itu, terdengar sangat buru-buru.

“Ayo cepet bangun, Fit! Udah jam 5 lho ini! Ayo Subuh!”

Aku bisa merasakan Bapak lagi berdiri di depan pintu, ngga sampai masuk ke kamar. Dan memang biasanya juga gitu, Bapak jarang masuk ke kamarku. Beliau cukup memanggilku dari depan pintu kalau sudah waktunya sholat. Kebiasaan di rumahku di tiap pagi saat salah satu diantara kami bangun duluan, kami akan menyalakan lampu di ruang makan. Cahaya lampu itu akan terlihat jelas ventilasi kamarku.

Aku sadar itu suara Bapak, terdengar sangat jelas. Tapi aku ngga langsung membuka mata, masih tetep nyantai di tempat tidur. Baru setelah kira-kira beberapa menit kemudian, aku membuka mata. Saat itulah aku merasa aneh. Kok suasana masih gelap, ya? Ngga ada satupun lampu yang nyala. Aku lalu melihat jam. Masya Allah, 5:15! Aku segera membangunkan Bapak dan kakakku. Nyaris aja kami terlewat sholat Subuh.

Mungkin suara Bapak yang kudengar itu hanya mimpi. Mimpi yang kelewat nyata. Hanya kebetulan saja. Ngga tau juga. Tapi… pas aku ‘dibangunin’ itu kok waktunya pas ya, dengan waktu sholat Subuh?

***&&&***

Leave a Reply

