11-12-’13, Beautiful Date! & Sedikit Cerita dari Mantan Anti-Fans Grup X

Welcome to the beautiful date, 11 December 2013 (11-12-’13)! Setelah baca tweet salah satu temenku, bener juga sih yang dia bilang, kalo setelah hari ini, bakalan susah buat nyari hari cantik lagi. Sebelumnya sih kita masih bisa nyari yang tanggal-bulan-tahunnya samaan (09-09-09, 10-10-10, 12-12-12, dst), atau yang tanggal-bulan-tahunnya urutan (09-10-11, 10-11-12, dst). Tapi setelah hari ini, mau nyari tanggal yang gimana lagi? 12-13-14? Mana ada bulan ke-13?

Tapi di hari nan cantik ini, aku justru ngga terlalu semangat. Ngga ada kerjaan, atau tepatnya, memaksakan diri untuk ngga ngambil kerjaan. Karena kalau diniatin sih, sebenernya kerjaan itu tetep ada, kerjaan yang penting malah.

826422098

 #DeritaMahasiswaAkhir #MenangisDibawahShower

Jadi, karena aku lagi ngga ada kerjaan (baca: lagi ngga mood buat ngegarap skripsi), aku mutusin buat posting coretan geje sambil ditemani alunan lagu dari salah satu girlband papan atas Korea.

Setelah beberapa menit nulis (dan tulisannya ngga ada yang jadi semua, hahaha), aku bengong ngeliatin hujan yang turun dengan deras di luar jendela sana, dan pada saat seperti inilah aku jadi bener-bener mendengarkan lagu ini dengan seksama. Aku lalu mikir, lucu juga kalo nginget pas jaman Jahilliyah (baca: kebodohan) dulu, aku pernah benci setengah mati sama cewek-cewek cantik yang lagu-lagunya lagi kudengerin ini. Ngga pernah kepikiran kalo suatu saat nanti aku malah masukin lagu-lagu mereka ke HP dan aku dengerin pas waktu senggang kayak sekarang ini.

Yap, aku dulu pernah jadi anti-fans salah satu girlband, hardcore haters. Saat itu sekitar tahun 2009-2010, waktu aku baru-baru kenal KPop dan baru-barunya jatuh cinta sama Lee Gikwang, kyaa kyaa kyaa *ngidol jangan disini, kakak!*. Salah satu temenku ngeliatin MV girlband ini, dan waktu aku pertama kali tau girlband ini, mereka sudah terkenal banget. Banyak lah fansnya, berita tentang mereka juga ada dimana-mana. Tapi sayang seribu sayang, internet saat itu kayaknya lagi ngadain kolaborasi yang sangat apik dengan jiwa ababilku yang sedang menggelora, jadi alih-alih nambah idola, aku malah jadi ilfil tingkat kriminal dengan girlband ini.

Penasaran, girlband mana yang dulu pernah kubenci? *ngga!*. Oke, kuberi satu clue. Girlband yang kumaksud itu… membernya cewek semua. *dilempar mercon*

Oke, oke, fokus! Ngga deng, ngga etis rasanya kalo main tebak-tebak buah manggis gitu. Bisa berpotensi menimbulkan fitnah, jadi lebih baik kusebut aja girlband ini dengan sebutan XX *kromosom betina kan XX yak, jadi rada nyambung kan, hehehe*. 

Meskipun X punya banyak prestasi dan lagu-lagu mereka hampir semua jadi hits, mereka juga punya banyak kontroversi. Bahkan, bisa dibilang kalo kontroversi-kontroversi itu jadi salah satu faktor yang bikin nama X terangkat. Aku pun akhirnya termakan omongan beberapa orang yang beropini bahwa X itu terkenal bukan karena karya, tapi karena berita negatifnya. Menurutku, X itu ibaratnya kalo Nikita Mirzani, Syahrini, Julia Perez, sama Dewi Perssik digabungin jadi 1 grup gitu, dan mereka saban hari kerjaanya bikin sensasi mulu. Maksa ya? Yaudah, abaikan aja kalimat yang tadi itu.

Berita-berita negatif yang diikuti dengan kecemburuan pribadi yang menggelegak bagaikan gunung meletus, membuatku bertekad bulat untuk jadi anti-fans grup X. Cemburu? Iya, aku dulu selalu cemburu karena banyak idol cowok yang kalo ditanya siapa tipe ideal mereka, jawabnya itu-itu mulu, ngga jauh-jauh dari para member X. Pikirku waktu itu, “Hadeeeeh, ngga ada cewek lain apa yak? Yang ituuu mulu disebut! Muka juga pada plastik semua!” Kasar? Ya, begitulah aku dulu. Tiap kali ngomongin X, kata ‘plastik’ ngga pernah terlewatkan. Dan jangan harap dulu itu aku ngomongin yang baik-baik tentang X, dulu mah ngomonginnya yang jelek-jelek mulu. Aku bener-bener kemakan abis sama artikel-artikel di internet, bahkan dari postingan di Facebook yang ngga bisa dijamin bener atau ngga, pokoknya apapun yang berhubungan dengan X (dan isinya jelek), pasti langsung kupercaya, dan ngga akan lolos dari jerat mulut setanku.

Banyak hal yang aku lakukan dulu saat aku masih jadi haters. Dari mulai ngedit-ngedit foto X jadi super jelek (ngga suka tapi donlod foto-fotonya buat di-edit jadi jelek, niat banget gitu ya gue jadi haters, hahaha), gabung ke fanpage anti-fans di FB, ikut ngata-ngatain X bareng haters lain, bahkan pernah bikin FF tentang X (tentu aja, temanya ya tentang anti-fans itu), bahkan nyumpahin supaya X popularitasnya menurun dan cepet-cepet bubar. Jahat memang, tapi pada saat itu, apa yang aku lakukan itu sesuatu yang sangat wajar, dengan dalih “ngga semua orang seleranya sama”.

antifans

Hingga suatu hari, ada salah satu temenku yang ngeliat aku lagi buka fanpage. FYI, dia ini sama sekali bukan KPopers, sama sekali ngga tau girlband atau boyband Korea, dan mungkin satu-satunya nama Korea yang dia tau cuman Goo Joon Pyo doang. Pas ngeliat aku yang lagi mantengin fanpage dengan wajah bersungut-sungut, dia nyeletuk,

“Kenapa sih kamu benci banget sama mereka? Emangnya mereka pernah nyubit kamu?”

Bagi ababil sepertiku, kedua kalimat itu ngga langsung kerasa efek dahsyatnya, ngga langsung dar-der-dor. Cuman nyetrum dikit, dan setelah itu yaudah. Lewat gitu aja. But thanks a  lot to her, kedua kalimat itu akhirnya menjadi prolog dari ‘terapi penyembuhan’ bagiku. Setelah beberapa waktu terlewati, aku akhirnya ‘mendengar’ sebuah ‘suara’ yang singkat tapi dalem, Jleb. 

Ya, entah gimana caranya, pada suatu hari tiba-tiba saja kedua kalimat itu kembali terngiang di telingaku, dan ngga cuman sekali, tapi terus menerus. Kenapa sih aku benci banget sama X? Memangnya X pernah nyubit aku? Memangnya X pernah nilep uang negara? Memangnya X pernah nyuri cemilan yang aku taruh diem-diem di laci meja belajar #PengakuanDosa ? Ngga pernah, kan? Trus, kenapa aku benci sama mereka?

Lucunya, pas aku mikirin kalimat ini terus menerus, aku ngga bisa nemuin satu alasan yang kuat kenapa aku benci sama X. Aku ngga merasa terganggung lagi dengan berita-berita negatif yang dulu pernah dibikin sama mereka, atau idol-idol cowok yang jadiin para member X sebagai tipe ideal mereka. Aku bahkan merasa wajar mereka ngomong gitu karena memang kenyataannya, X itu cantik-cantik semua. Mereka ngga pernah lagi bertingkah aneh-aneh, berita tentang mereka yang muncul sekarang bagus-bagus semua. Aku coba dengerin satu dua lagu mereka, dan jempolku ikut joget. Woow, bego banget ya gue dulu.

Aku membuktikan sendiri betapa rasa benci bahkan bisa membuat mata jadi buta dan telinga jadi tuli. Seiring dengan cantiknya mereka di mataku, dan betapa kerennya lagu mereka terdengar di telingaku, saat itu juga aku merasa bego, begooooo sebego-begonya. Dan saat itu juga aku akhirnya merasa capek.

Yap, setelah sekian lama ngomel-ngomel sendiri, nyuci baju sendiri, masak-masak sendiri… *malah ngedangdut! #LemparSuling* ngedit-ngedit foto, ngejek-ngejekin para member, aku akhirnya merasakan juga rasa lelah itu. Lama-lama capek juga marah dan benci sama orang. Rasa capek itu jadi terasa berlipat-lipat saat aku nyadar kalo orang yang kubenci itu sama sekali ngga kenal sama aku, dan saat aku akhirnya nyadar kalo selama aku membenci mereka, alih-alih menghindar aku malah nge-kepo-in mereka. Rajin buka fanpage untuk update berita (negatif) tentang mereka, untuk kujadiin bahan celaan. Ngga ada gunanya semua itu, per kb kuota internet jadi terbuang percuma demi kegiatan maha gaje itu. That’s enough. Akhirnya kuputuskan, aku keluar dari fanpage itu dan memulai ‘gaya hidup’ yang lebih ‘sehat’.

Pasca berhentinya aku jadi anti-fans, aku ngga langsung berbalik jadi fans. Ngga seekstrem itulah perubahannya. Aku yang sekarang malah jadi kudet, ngga tau info tentang mereka. Aku belum pernah nonton film atau drama yang dibintangi beberapa member. Lagu-lagu yang aku dengerin pun lagu-lagu mereka yang lama. Tapi efek positif setelah aku jadi mantan haters adalah, hatiku luar biasa lega dan bebas. Ngga ada lagi perasaan dendam kesumat dan emosi yang meledak sampe tumpeh-tumpeh kalo liat wajah mereka nampang di berbagai media massa. Aku merasa jauh lebih baik dibanding yang dulu.

Ada banyak pertimbangan waktu aku memutuskan untuk membuat ‘pengakuan dosa masa lalu’ disini. Mungkin akan ada yang nyukurin aku, ngatain aku kena karma gara-gara dulu pernah jadi haters. Mungkin akan ada yang ngeh dengan girlband yang aku maksud (bagi yang pernah baca salah satu FF-ku, sekarang sih udah kuhapus). Mungkin akan ada suara-suara miring yang berpotensi bikin kuping panas, tapi ngga apa-apa. Segala sesuatu bisa aja terjadi, dan kuterima itu dengan lapang dada. Menurutku, apa yang kutulis saat ini menjadi sarana bagiku untuk menertawakan diri sendiri. Menertawakan diri sendiri itu bagiku perlu juga dilakukan sekali sekali, sebagai salah satu cara introspeksi diri, bahwa dulu aku pernah berbuat salah, kesalahan yang konyol, dan dengan tertawa itulah, aku belajar bahwa hal-hal yang dulu kuanggap keren itu, di mata orang lain belum tentu terlihat keren juga, bahkan mungkin akan dianggap sangat mengganggu.

***&&&***

5 thoughts on “11-12-’13, Beautiful Date! & Sedikit Cerita dari Mantan Anti-Fans Grup X

  1. anggiFishie says:

    Kayaknya aku tau deh siapa, eon hahahahahaha…
    Gapapa mungkin dengan kayak gini, eon jdi lebih lega atau malah ada haters juga yang baca artikel ini trus jdi suka deh hehehehe
    sukses buat kuliahnya !!😉

  2. Nurul says:

    For you in full masem gak ada lanjutan/side storynya lgi yah?
    Aku suka banget sma ff itu😀. Awal sukanya bkan dri ff indo, tpi gara2 liat novel yg judulnya agak aneh tpi familiar yg sampulnya ada Siwon (kembaranku) waktu lg hunting buku di jogja :v.
    Oh ya satu lagi, aku jatuh cinta sma karakter Jung Iseul di ff itu😀.

  3. Fajar says:

    For you in full masem gak ada lanjutan/side storynya lgi yah?
    Aku suka banget sma ff itu😀. Awal sukanya bkan dri ff indo, tpi gara2 liat novel yg judulnya agak aneh tpi familiar yg sampulnya ada Siwon (kembaranku) waktu lg hunting buku di jogja :v.
    Oh ya satu lagi, aku jatuh cinta sma karakter Jung Iseul di ff itu😀.

  4. ipute says:

    hahaha gua juga pernah tuh ngalamin kejadian yg mirip kaya gitu.. agak benci sama mereka karna ada beberapa temen gue yg suka k-pop bilang kalo member dari girlband asdfhjkl pada oplas, dulunya jelek, blablabla dan dengan pintarnya gua ikut terhasut hoho tapi sekarang justru gua jadi suka sama mereka.
    dan gua juga punya temen yg ga tau tentang korea-korean kecuali 1 nama yaitu Lee Minho doang kekeke
    gapapa kan ikutan komen? hahaha salam kenal ya

Leave a Reply

