I’m Not Beautiful, But I’m B2UTY

Aku tahu K-Pop bukan karena B2ST, tapi B2UTY adalah fandom pertamaku. Dan mulai sejak saat itu, tiap kali ditanya “fandom-mu apa?”, aku akan jawab “B2UTY”. Well, Blackjack juga sih, kekeke *sorry if I’m out of topic*.

Aku seneng karena B2ST diakui sebagai boyband yang bertalenta, aku seneng ngeliat video Mr Removed mereka dipuji banyak orang, aku seneng ngeliat B2ST menang award di acara-acara musik, aku suka mereka, dan aku cinta Lee GikwangOh, fokus, Fit, FOKUS!

Tapi kemudian, aku baca salah satu komentar dari seseorang di salah satu situs yang lumayan beken (dan kebetulan disana emang bebas banget kalo mau ngeluarin pendapat). He/she said that he/she hates B2ST. Yah, ini bukan pertama kalinya aku baca hal-hal yang seperti ini, aku selalu menekankan pada diriku sendiri kalau ngga semua orang menyukai apa yang aku suka. Tapi apa yang aku baca dari comment itu, yang akhirnya membuatku galau dan memutuskan untuk ber-shower (?) adalah,

“Gue ngga suka B2ST! Banyak yang bilang mereka itu the next generation of ****** (sori ngga bisa diberitahu, aku ngga mau fanwar, aku masih ingin hidup normal). Apaan tuh? Gue ngga setuju! B2ST itu udah suaranya jelek, dance pas-pasan, muka juga biasa aja…” dan bla bla bla lainnya yang kalo aku tulis, bisa bikin tanganku gemetar karena ngga sanggup nulis .

Aku ngga mempermasalahkan apa yang dia suka atau ngga suka, aku hanya ngga bisa terima kalo dia mengatasnamakan fandom-nya waktu dia ngeluarin unek-uneknya tentang B2ST (aku juga ngga mau beritau apa fandom-nya disini, dan please jangan nebak-nebak fandom apa yang kumaksud). Aku paling ngga suka itu. Aku juga suka artis yang dia suka, meskipun aku ngga sampe gabung ke fandom. Kalo ujung-ujungnya apa yang tulis itu bisa menyebabkan fanwar, itu bukan unek-unek lagi, tapi tulisan yang ngajak berantem. Ngga penting banget, menurutku. Memangnya, K-Pop itu tiap hari isinya cuman fanwar aja, saling ngejekin artis lain dan ngebangga-banggakan idola bahkan mendewakan mereka?

***

I’m Not Hardcore Fan

Aku tidak tertarik untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang lain, ‘mendewakan’ idolaku dan memandang remeh artis lain. Jujur, aku bangga saat banyak orang mengatakan kalau B2ST itu the next generation salah satu boyband papan atas, tapi jujur, aku sendiri sama sekali ngga pernah ngeluarin pendapat seperti itu. Boleh percaya boleh ngga, tapi aku jujur. Aku ngga mau muna, sebagai fans aku bangga. Tapi aku punya pendapat lain. Setiap idol punya keistimewaan mereka masing-masing, dan aku pribadi merasa kurang etis kalo idol itu selalu dibanding-bandingin. Kita aja pasti pernah sesekali ngerasa risih kan kalo dibandingin sama orang lain, gimana idol? Inget, mereka juga manusia, sama kayak kita, sama-sama bernapas, sama-sama makan nasi… eh, ini ngga nyambung, deng.

Selain itu, aku juga ngga selalu berpendapat positif tentang B2ST. Bukan, bukan berarti aku pernah ngejek mereka apalagi sampe membenci salah satu member (No! Bukan itu! ) Tapi kalo misalnya ada sesuatu yang memang ngga cocok, aku juga ngga pura-pura muna, aku akan berpendapat kalo memang itu kenyataannya. Jadi fans bukan berarti kamu harus selalu suka dengan apa yang ada pada diri idolamu, kamu masih dan memang berhak mengkritik. Kritik bukan berarti benci, kan?

Aku ngga berani menyebut diriku sebagai hardcore fans, karena aku ngga mau dipandang negatif. Aku melihat kenyataan di sekelilingku, terkadang hardcore itu terlalu ‘mendewakan’ idola mereka dan merendahkan artis lain. Coba aja, nyebut salah satu fandom aja bisa bikin orang memandang kita negatif, apalagi kalo ngaku hardcore, mungkin pandangan orang akan lebih buruk lagi. Aku ngga mau kayak gitu. I’m really sorry for all the hardcore fans out there. 

Aku ingin menyukai idolaku dengan caraku sendiri. Aku ngga perlu berteriak-teriak ngga penting di semua forum, mengatakan kalo “B2ST is better than them! I love B2ST forever! I would die for them!”. Mungkin B2ST ngga akan tau kalo ada fans-nya diluar sana yang sedang mengetik tulisan ini. Cukup aku saja yang merasakannya, dan cukup orang-orang terdekatku saja yang mengetahuinya. Aku sudah bukan ABG labil berumur belasan tahun lagi, masih pantaskah aku bersikap kekanak-kanakan? Tentu saja tidak.

***&&&***

7 thoughts on “I’m Not Beautiful, But I’m B2UTY

  1. park eun ri says:

    wah.. Setuju bngt aq sama onnie, aq juga sering nemu coment2 tersebut yang pasti bikin galau, dan ada perasaan ga terima

    tapi kalo kita mikir pake logika#jiahbhsgue
    idol juga manusia biasa yg pasti punya kekurangan,,, aq jujur fans fanatik, tpi bukan fans labil yg di sebutin onnie tdi..

    Kita sama onnie aku juga kalo rada ga suka ama bias entah itu gaya rambut,penampilan pasti aq juga bilang jelek.. Aq bilang sesuai kenyataan.. Selamanya aq bakalan jadi shawols tersrah pandngan mreka kayk gimana

    okeh jangan galau lagi ya onnie biarin mreka bilang apa but keep smile

    • v3aprilia says:

      Kita ngga mungkin selalu menganggap apa yang kita suka akan disukai orang lain. Dan belum tentu apa yang kita suka itu akan selalu terlihat bagus. Itu yang selalu aku coba tekankan

      Waktu nulis ini emang lagi galau sih, tapi sekarang udah ngga, kekeke🙂

  2. han chae hyeon says:

    just feel the same with u..
    Aku selama ini ngerasa aku terlalu ngebet sma B2ST, smpe2 aku lupa sma artis yg lain, smpe2 hapeku isinya semua tentang B2ST.. But do you know? Aku ngelakuin semua hal ini *ngebet sma B2ST, nyimpen sgala hal ttg B2ST* adalah tidak lain sbg craku utk mengekspresikan apa yg kurasain skrng.. Trhadap B2ST tentunya..

    Mungkin orang2 yg ngeliat aku sekilas bkal bilang “iih alay bgt sih” atau “iih kampung bgt deh” but you know what?? I DON’T CARE! Aku cuma melakukan apa yg kusuka, apa yg kusenengin. Walaupun aku tau, selera orang itu relatif. Mungkin aku suka ini, tpi mungkin aja ada orang yg ga suka sma apa yg kusuka.

    According to fitri eonni says, sepertinya aku harus stop sma semua hal2 gilaku tentang B2ST.. Tapi kyknya ga bisa.. Ini udah jadi suatu kebiasaan yg mendarah daging..

    Tapi kalo dibilang mendewa2kan, kyknya ga deh.. Aku masih punya bnyak fandom lainnya.. 4Nia, G.Nie, Elf, Sone, Shawol, Pink Panda, etc. At least, i love kpop! Everything bout kpop, kdrama, etc, i love it!!

    Antis..
    Kalo ngomongin 1 hal ini emang ga ada habisnya.. Selalu aja ada bhan bru untuk mrka cela..
    Satu hal yg kita harus inget tentang antis, mrka itu hanya segelintir orang yg ga punya rasa malu untuk mengekspresikan dirinya. Mrka koar2 kalo ini jelek, itu jelek, padahal dlm hati mrka tau, bhwa mrka lah pihak yg kalah, bhwa mrka lah pihak yg jatuh. Inget? Semakin tinggi pohon, smakin kenceng juga angin yg datang.
    Just forget antis and keep going on what we believe🙂

    Aku dpt bnyak pelajaran dri “shower”an nya eonni ini, cinta ga usah diumbar. Every little thing we do for our idol, its mean a much for them. Just keep loving them and always support what they do..

    Gomawo eonni, ini pencerahan bgt :)))

    • v3aprilia says:

      Sama-sama…🙂
      aku nulis ini bukan berarti aku ngga pernah jadi hardcore. Dulu aku juga hardcore, bukan hardcore K-Pop, tapi hardcore Harry Potter, kekeke. Sama aja kan? Sama2 hardcore ini…
      Mencoba untuk tidak terlalu freak terhadap sesuatu itu hal yg bagus, tapi ngga bisa dipaksa, ngga bisa kejadian hanya dalam sehari-dua hari. Semua butuh proses, semua akan berjalan secara alami. Dulu aku juga gitu, aku ngerasa sulit lepas dari kebiasan hardcore HarPot dan merasa itu sudah mendarah daging, tapi seiring berjalannya waktu *tsaaaaah*, asalkan memang punya niat utk menjadi lebih baik, pasti bisa.

  3. b2stffindo says:

    Semua yang tertuang di sini, adalah curahan hati el, yang selalu pengen nangis saat semua temen byutti muja beast bagai dewa🙂

    yup, beast juga 1st fandom el, dan only. Hehehe… Aku juga kenal kpop bukan karna beast, dan aku bukan kpoper-_-”

    pokoknya yang ada di atas, sama deh 99,9% dengan kegalauan aku sebagai b2uty🙂

    So beast!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s