Apa Arti Sebuah Fanfiction?

Membaca dan menulis sebuah fanfiction itu, menurutku, sama saja dengan membaca dan menulis cerpen atau novel, atau sama juga dengan membuat sebuah skenario film atau drama seri. Alur cerita dan para tokoh yang terlibat di dalamnya adalah murni hak si penulis atau kreator. Dialah yang paling mengerti apa saja yang ccok dan tidak cocok dimasukkan ke dalam karyanya.

Buatku pribadi, ngga ada yang perlu dirisaukan saat ada fanfiction (FF)  dimana idola kita dibuat ‘jahat’. Itu hanya fiksi, dan tentu saja idol kita ngga akan menjadi seperti yang diceritakan dalam FF.

Aku pribadi pernah punya pengalaman yang kurang enak, saat aku dan temenku pernah nulis FF dimana ada salah satu artis yang karakternya kita bikin jelek. Yah, bad girl-lah. Sebenernya itu FF udah lama banget, aku aja sampe sempet lupa pernah nulis, hehehe. Tapi kemudian ada fans-nya yang ngga terima kalo idol-nya ‘dijahatin’. Yang bikin aku ngerasa ngga enak, cuman temenku doang yang di-bash, dikatain aneh, dan hal-hal lain yang ngga enak diomongin disini. Sebenernya comment itu ngga ditujuin ke aku, tapi dalam hati aku ikut panas juga, karena FF itu juga aku yang bikin. Kalaupun aku pernah dapet comment yang negatif, tapi ngga separah comment yang ditujukan ke temenku ini. Aku jadi sedih sendiri bacanya.

Aku selalu belajar untuk berpikir positif kalau para author tidak bermaksud ingin membuat semacam perkumpulan bagi sesama para haters artis-artis tertentu. Author hanya menulis ide-ide yang ada di dalam otaknya, dan kebetulan, ada artis-artis tertentu yang karakternya sengaja dibuat jahat. Seperti halnya skenario film, selalu ada karakter protagonis dan antagonis, baik dan buruk.

Tapi bagaimana kalau author itu memang membuat FF ‘jahat’ karena dia memang tidak menyukai artis itu? Yah, yang pertama dilakukan adalah: terima kenyataan. Mungkin kita akan merasa sedih dan marah karena author itu membenci idola kita, tapi kita harus terima kenyataan kalau belum tentu semua orang memiliki selera yang sama dengan kita. Kita tidak mungkin mengharapkan semua anti-fans akan menjalankan ‘aksi diam’, pasti akan ada saja yang mengungkapkan ketidaksukaannya secara terang-terangan, misalnya ya dengan menulis FF itu tadi. Kalau sudah begitu, lakukan yang kedua: kalau tidak suka, ya jangan baca. Kupikir, sudah banyak sekali author yang memberikan warning “Don’t Like, Don’t Read” di karya-karya mereka. Tapi masih saja ada yang ‘nekat’ membaca. Memang susah menolak godaan kata ‘jangan’. Semakin besar tulisan ‘jangan’ terpampang di depanmu, semakin kuat keinginanmu untuk melanggarnya, bukan begitu?

Dan kalau sudah begitu, ujung-ujungnya mereka misuh-misuh sendiri, marah-marah. Kalau begitu, siapa yang mestinya disalahkan? Silahkan disimpulkan sendiri. Dan silahkan kalau ada yang juga menyimpulkan kalau v3 sengaja menulis opini ini untuk ‘berlindung’. Ya, aku memang berlindung dibalik tulisanku sendiri, karena ya, aku pernah menulis FF ‘jahat’. Tapi aku juga ingin belajar untuk berpikir bahwa this is just fanfiction, kenapa harus diributkan?

13 thoughts on “Apa Arti Sebuah Fanfiction?

  1. Park Ji Hoon (F-Zoo) says:

    Hahahahahahaha… itu udah biasa. Comment yang “tidak pada tempatnya” hanya akan menunjukkan kalo orang itu belum bisa berpikir secara dewasa.. sudah tahu…FanFiction… hanya FIKSI semata…
    Kalo aku sendiri… kalo aku enggak suka sesuatu (BB/GB), malah males untuk ngebahasnya apa lagi buat FFnya… mendingan bikin sesuatu yang menyenangkan aja dengan GB/BB yang aku sukai, meskipun terkadang orang lain nangkapnya berbeda, itulah bentuk cinta Jihoon. Semakin banyak nulis FF tentang seorang Idol malah kita semakin menyukainya… kekekeke

    • v3aprilia says:

      terkadang ada readers yang suka terbawa situasi, suka lupa kalo itu hanya FF, ngga bakal kejadian. Atau karena FF-nya kelewat baguskah, sampe ikut terbawa emosi, hehehe? *PD*
      Gomawo udah mau share opini, bang jihoon…

  2. hyuki says:

    emang bener unn.ini kan cuma ff ngapain di bawa serius.kalau aku sih misal y komen walaupun marah itu sih masih menyangkut cerita ff y,bukan marah ke pemain y Atau ke author y.

  3. asihkpop says:

    author jngn dipikirkan,,,
    Aku bukan tipe org kyak gitu kok,,
    tetep kembangkan karya mu,,,
    Di mana ada yg gak suka pasti ada yg suka kan,,,
    aku suka kok karya author,,
    Tokoh iseul mau pun hyeneul…

    • v3aprilia says:

      jeongmal gomawo udah suka dengan FF-ku…
      Alhamdulillah sampe sekarang sih bukan FYIFM yang kena complain, tapi pernah dulu bikin FF yang temanya ‘sensitif’.

  4. Kim HyeJin says:

    yup yup inikan cuma FF. .kenapa mesti ribut, kan cuma buat menghibur. .
    udah onnie biarin aja, yang kaya gitu berati gak isa bedain mana yang nyata mana yang serius ke ke ke. .

    tapi aku ada complain nih onnie,
    kenapa FFnya onnie n tmen onnie keren-keren(?)–>abaikan hehehe
    ohya aku baca ulang ffnya yg innocent” itu gak prnah bosen walo akhirx ada cerita yang bikin nangis lagi wkakaka*curcol* . .. yang paling seru kalo FYIFM dibaca ulang ngakaknya gak brenti-brenti. .
    sekian komenku-

    • v3aprilia says:

      jiaaaah, ntar aku bikin FF yang jelek deh, biar ga terus2an bagus, gimana? kekeke *dihajar* *author macam apa ini?*
      gomawo ya udah suka ama FF-ku dan temen2 *big hug*

  5. Han Jihyo says:

    annyeonghaseyo eonnie~ ^^
    aku han jihyo dari ffindo yg nge-pairing jaejoong sama jung hye won hehe *semoga masih ingat >,<*
    aku juga sesuju! kata jangan itu susah dihindari, apalagi menurut kamusku (?) kata jangan = boleh, jadi rasanya greget gimanaa gitu *apaan sih?*

  6. Jokerv89 says:

    author sabar aja yah,
    aku reader baru tapi pas pertama baca FF author langsung suka ^^ apa lagi yg di ffindo yg honey dew, bagus itu… ^^
    Lanjutkan!

Leave a Reply

