Merinding Disko

Sebenernya ini cerita udah agak lama, waktu aku masih awal kelas 2. Tulisan ini kutulis tepat pada tanggal 21 Februari 2009 *gyahaha, jadul. Emang ada apaan tanggal segitu?*

Asik deh kalo udah ngomongin Kismis (Kisah Misteri) ama temen-temen, demen tuh, apalagi kalo ceritanya malem-malem trus ada back sound suara kuntilanak, hehehe. Saudara seperjuanganku, Puji (wuah, seneng amat tuh anak namanya ke-post disini) termasuk orang yang mumpuni soal Kismis. Aku kalo ngomongin Kismis tuh seringan ama dia, apalagi kalo udah ngomongin Kismis tentang skul.

Tapi, dari segudang Kismis yang pernah dia ceritain, aku paling merinding kalo denger satu cerita yang bikin aku kapok tereak-tereak ngga jelas kalo udah waktu maghrib.

Oke, lanjut! Aku jelas merinding tiap kali denger tu Kismis, karena aku ngalamin sendiri! Waktu itu aku masih kelas 2 semester awal, masih berusaha buat adaptasi ama kelas baru. Biasalah, kita semua masih pada jaim. Tapi berhubung waktu itu sekolah ngadain lomba-lomba antarkelas dalam memperingati ultah skul ke-17, kita jadi lebih cepet adaptasi satu sama laen. Salah satu lomba yang menuntut kekompakan itu adalah lomba yel. Kita memplesetkan lagu-lagu yang beken waktu itu (aku lupa lagunya apa aja, yang aku inget cuman Smack That-nya Akon), trus ngerencanain  kostum apa yang bakal kita pake. Yah, singkat cerita, kita berhasil mementaskan yel kita dengan sukses walopun satu kampung pada neriakin “Orang gila!” ke kita. Ya ealah, siapa juga yang ngga nganggep kita gila. Coba deh, anak-anak cewek pada pake selendang warna-warni mentereng di kepala kayak ibu-ibu, trus jalan bebek ke tengah lapangan sambil tereak, “Mau kemana kita?” “Ke lapangan!” kayak Dora the Explorer.

Sayangnya, penempatan jadwal lomba itu jadi bencana. Lomba dimulai jam 3 sore, pesertanya ada 30 kelas, alhasil ampe jam 6 sore lomba ngga selesai-selesai juga. Anak-anak mulai pada ribut, peserta gelisah, lomba ngga berjalan lancar, suasana semakin tidak kondusif, warga berhamburan keluar rumah mencari perlindungan, aparat keamanan dikerahkan sementara para pengunjuk rasa mulai mema-njati tembok gedung DPRD… *woy, ini berita unjuk rasa kenapa nyangkut disini?*

Sori, sori. Anak-anak mulai ngga betah nonton sambil duduk manis, semua bangkit dan dalam sekejap suasana jadi riuh. Bendera-bendera besar yang bertulis dukungan buat kelas masing-masing dikibarin, anak-anak saling dorong, nyanyi sambil joget ngga jelas. Aku yang lagi berdiri di depan kelas deket pagar pembatas lapangan basket ikut nyanyi ama temen-temen sekelas. Aku deketin pagar pembatas yang tinggi dibatasi besi-besi kecil panjang silang menyilang dan merhatiin kegilaan orang-orang di sana.

Saat itulah aku sadar.

Orang-orang itu jadi lebih banyak dari biasanya.

Sumpah, aku ngga ngelindur. Lapangan jadi bener-bener sumpek, kayaknya semua murid-murid di Kamboja (nama jalan di sekolahku) pada ngumpul di satu lapangan, padahal awalnya ngga ampe sebanyak itu. Bahkan antara sadar atu ngga, beberapa di antara mereka lompat-lompat dan ngga nyentuh tanah…

Detik itu juga aku langsung lemes. Kegembiraanku langsung menguap. Dan yang aku sesalkan, aku belom apal Ayat Kursi. Aku rapalin doa apa aja yang terlintas di kepala aku, tapi jadinya malah laper. Aku baru sadar kalo tadi aku ngucapin doa sebelum makan.

Mampus deh.

Untungnya kegilaan itu ngga berlangsung lama, setelah peserta terakhir selesai tampil, murid-murid bubar. Lapangan mendadak lengang, sama sekali beda dengan yang mereka lakuin, langsung aja pergi gitu. Aku gemetar hebat, langsung ngacir ke parkiran, ngebut pulang, dan sama sekali ngga ngomongin kejadian itu selama setaun. Ekstrim kan?

Dan belakangan, Puji bilang ke aku kalo waktu lomba yel itu, dia ngeliat bebera-pa di antara anak-anak yang nari-nari itu ngga nyentuh tanah, dan sekilas-sekilas mereka menghilang…

Apa yang bisa aku ambil dari insiden ini? Bukan, bukan ngambil tuyul yang waktu itu ikutan joged trus dipiara di rumah, tapi mungkin sebaiknya kita sebagai manusia harus tau waktu dan tempat. Ada waktunya buat kita, ada waktunya juga buat ‘mereka’, dan yang bisa kubilang, waktu itu kita udah ngambil waktu dan tempat ‘mereka’ tanpa ijin. Aku pernah denger-denger nih, katanya ‘mereka’ tuh suka dengan bunyi-bunyian gaduh waktu maghrib (ato orang Bali bilang sandikala). Apa itu ya, yang bikin ‘mereka’ ikut gabung dan joget-joget? Wallahu a’lam. 

30 thoughts on “Merinding Disko

  1. Park Ji Hoon (F-Zoo) says:

    Waaahhh pengalaman yang bagus…. LANJUTKAN…!!!#PLAK
    dulu aku juga pernah kayak gitu, kisahnya begini (singkat aja ya…)
    waktu itu sekolah (anak teater) mengadakan malam kesenian dengan pementasan yang temanya ttng pocong2an gitu. dan salah satu propertinya yang mereka pake yaitu pohon kamboja (kayaknya sih tuh pohon dapat ngambil dari kuburan seberang sekolah, maklum sekolah ku itu konon katanya bekas kuburan massal jaman belanda, jadi letaknya berseberangan dgn kuburan). singkat cerita, pas waktu acara pementasan ada adegan kemunculan si pocong. Nah disini nih anehnya… ada yang bilang pocongnya yang muncul itu 2 dan juga ada yang bilang 3… nah ketambahan 1 kan??? atau ada yang rabun… kekeke. Pokoknya setelah pementasan itu.. isu pocong tsb santer di sekolah… jangan2 pocong yang satunya lagi baca komen ini…kekekeke
    kabuuuuurrrrrrr..

    • '96line says:

      oppa kok kayaknya aku pernah denger ini cerita ya? kalau nggak salah disalah satu sma negeri di jogja, ceritanya hampir mirip sama yang oppa jihoon ceritain hahaha, mungkin tu pocong pgn eksis di semua tempat kali ya? *plak*
      wuss yang bener un? yang habis maghrib2 gitu? aaaaaaaa langsung lemes, yaAllah, jadi takut tereak2 pas maghrib2. aku juga pernah ngalamin yang kayak unnie pernah alamin hihihi

    • Park Ji Hoon (F-Zoo) says:

      masak sih… kok bisa sama ya… kekeke, jangan2 poconganya ikut program transmigrasi.
      soalnya habis pementasan seni itu… pohon kambojanya dibuang di dekat asrama putri… dan hal itu malah bikin siswi ketakutan..

    • Aiko_247 says:

      Ahjussi Oppa, kalo cerita kyk gtu kyk’a aq juga pernah dger deh..
      di salah satu film gtu.. jdul’a ‘Disini Ada Setan’ ..
      yg haruz’a cuma ada 4 pocong jd 5 pocong..
      nd tuh sutradara’a bingung koq nmbah atu?
      brrti yg atu lgi bneran donk???
      persis kan cerita’a..

      • v3aprilia says:

        Jiaaah, konsisten dong aiko, masa bang jihoon dipanggil ahjussi oppa? Ahjussi ya ahjussi aja, harabeoji ya harabeoji aja /PLAAAK *nyari mati*

        Cerita pocong eksis emang dimana-mana pasti ada. Saking banyaknya cerita2 sejenis, sampe difilmin deh, hehehe.

      • Aiko_247 says:

        Abis’a aq bingung.. byk yg manggil ahjussi, byk juga yg manggil oppa..
        ywda, drpd bgung’a nmbah mnding manggil dua2’a aja.. hehe

        Iya tuh,, soal’a kyk’a warga dunia lain yg atu itu cuma ada di Indo.. jd populer deh.. hehe

  2. v3aprilia says:

    Pocong dimana2 emang eksis, guys… Jangankan di dunia malam eh dunia mistis, lha di twitter aja dia eksis. Bahkan punya blog segala kan *sumpah ini ngga nyambung banget*
    Untungnya aku belum pernah punya pengalaman khusus ama pocong, hehehe. Mending ngga usah deh!

  3. Aiko_247 says:

    Ya ampun, onni…
    ampe merinding bget bca’a..
    untung bca’a bukan tengah malem..
    iya tuh, onn Pocong emang dmna2 eksis *lah??*

    kalo magrib2 shi, emang tuh warga dunia lain pada berkliaran, onn..
    Omma aq aja suka bilangin aq kalo magrib tuh diem aja di rumah, nnti kesambet..
    truz, kalo uda malem nih ya, gak boleh tereak2 atw nyanyi2 kenceng nnti ada suara yg nyautin atw ikutan nyanyi gtu..
    pkok’a kalo uda mnjelang magrib smpe matahari terbit tuh haruz jaga kelakuan, onn… itulah jam2’a mreka..
    tp, kdang siang atw pagi juga bisa shi.. *ett deh, kyk b’pengalaman aja lo?*
    hehe, sekian ceramah saya..😉

    • v3aprilia says:

      Satu lagi, malem2 jangan maen siul sembarangan, ntar ada yg ngikutin ato malah cekikikan kan repot, hiiiii…
      Iya tuh, kawasan kamboja tempat SMA-ku dulu kalo udah lewat magrib suka berubah jadi pasar. Bukan pasar2 biasa, tapi pasar buat mereka yang ngga keliatan. Huweee, horor blas! *baca Ayat Kursi*

  4. Kim HyeJin(SuShi)Jeeya says:

    sial. .aku bacanya malem-malem pula. .ditambah aku bner” takut ama pcng. .haduhhh emakkkk!!
    hueee takuk-takut. .ngeri bnget onnie. .untung gak pernah.
    d.share lgi onnie cerita” kaya begini. .
    aku suka cerita-cerita kya gini tpi ujung”x hbis baca takut ampe keringetan-__-

  5. ☃Cho Sunnie (@anisanis_) says:

    onnie, ini sebenernya cerita serem kan? niatnya gitu kan?
    tapi yang ada kok aku ngakak ya bacanya? ga merinding sama sekali ._.
    seru deh kayaknya itu rame-ramean bareng lain jenis(?) LOL
    baju mereka gmn onn? wajahnya serem nggal? ._.
    walau kayaknya seru tapi gamau deh ketemu begituan he he(?) ._.

    • v3aprilia says:

      wah, gagal deh aku nakut2in kamu… *apa deh*
      ya kalo cerita doang sih mungkin ngga terlalu serem. Tapi coba kamu alami sendiri saeng, sensasinya…. luar biasa! /pletak
      wajahnya? gimana ya, ngga terlalu jelas, lha waktu itu kan udah malem, rame banget pula…

  6. cntothered says:

    numpang baca ye, saya nyasar
    asli itu yg nyeremin pas baru sadar kalo temen2nya tambah banyak + lompat2 + ga nyentuh tanah
    mak..

    tp ngakak gara2 baca doa mau makan -_-

  7. hyuki says:

    Huh~untung q baca y pas bulan puasa,eh unn mang bener ya ga boleh siul malem”?hwa…gimana ni kadang q suka siul”kalau malem.

  8. Hikari_Ishida says:

    Bner y apa yg d lakuin emak kita wktu kcil dulu klw main jgn ampe maghrib. Slain jdwal kita buat ibadah aka sholat, jm s’gtu jg jam2x “mereka” gntayangan alias jam krja mereka..katakanlah itu udh jm 7 pagi brngkat ‘ngantor’ #apaannih ampe subuh mnjelang.
    Syukurlah ampe skrg aq blm ngliat s’jenis mrka n g mau smp trjadi ma aq skalipun. Atau mngkn “mereka” yg ad d skitarq g pux kmampuan kuat bwt mnampakn diri alias msh lemah k’kuatanx (mrp ma yg nulis komen ini ==”)

    wallahuallam….
    AKTF!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s