Karma vs Excuse Me

Mungkin satu hal yang membuat bule itu lebih maju daripada orang-orang lokal kayak aku, terutama dalam urusan cas cis cus a.k.a. belajar bahasa : tidak malu bertanya daripada sesat di jalan. Kesalutan yang susah banget aku tiru. Banyak cara bagi bule untuk belajar bahasa, misalnya kalo mereka lagi jalan-jalan trus ngga tau musti kearah mana, mereka ngga malu buat nanya ke orang-orang lokal pake bahasa setempat, ngga peduli deh bahasa ato aksen mereka masih ancur ato ngga, bodo amat. Yang penting kan, yang ditanya ama yang nanya sama-sama ngerti.

Jadi inget ama temenku, Puji, yang tinggal di Sanur. Waktu itu ibunya disamperin ama bule abis pulang sembahyang. Eh, lancar aja tuh emaknya Puji ngobrol ama si bule. Puji yang cuman ngeliatin dari jauh jelas heran, “Emak gue ajaib amat yak? Lancar bener ngomong ama bule, padahal ngartiin ‘yes’ ama ‘no’ aja kadang suka kebalik.”

Pas ibunya udah balik, Puji langsung nanya.

“Bu, hebat bener Ibu ngomong ama bule. Les di mana, Bu?”

“Ngga pake bahasa Inggris, kok. Tadi tuh bule ngajak ngobrol pake bahasa Bali.”

Astaganagabonar…

Tapi dari situ aku langsung mikir, kalo tuh bule bisa cas cis cus pake bahasa lokal, kenapa aku nggak bisa nyeroscos pake bahasa mereka? Bahkan pedagang asong ato tukang pijit di Kuta aja bisa, meski pun itu cuman sekedar, “Massage, Mister!” ato “Buy, Mister, Buy!”, menurutku itu udah lumayan, lho. Aku jadi pengen kayak mereka. Bukan, bukan jadi pedagang asong trus tereak-tereak, “Buy, Mister, Buy!” ampe cacingan, tapi aku pengen banget belajar langsung di lapangan ama bule. Ngomong apa aja boleh lah. Tapi sayang beribu sayang, tiap kali ketemu bule, nih mulut udah kejang duluan, alias susah diatur buat ngomong. Parah, dah.

Sampe situ aja belom cukup. Ternyata aku juga beberapa kali kualat gara-gara ngetawain orang yang terbukti positif gapsa (gagap berbahasa). Jadi waktu itu temenku, Zinda, disamperin ama dua turis Jepang waktu dia lagi asik hunting buku di Gramedia, tepatnya di Matahari Department Store.

Turis Jepang     : Excuse me (sambil nyowel)

Temen gue       : (noleh) Yes?

Turis Jepang     : Is there supermarket here?

Temen gue       : (diem, keningnya keriput mendadak)

Turis Jepang     : Is there supermarket here?

Temen gue       : (diem, alisnya naik satu)

Turis Jepang     : Hello. Supermarket? (ngelambatin suaranya sambil ngebentuk kotak di udara)

Nih turis dua pada gedeg mampus, dikiranya Zinda ngga ngerti bahasa Inggris, ditanyain diem mulu. Akhirna mereka langsung aja ngeloyor ninggalin temenku ini, tapi tiba-tiba aja salah satu dari orang Jepang itu nyeletuk, “Stupid.”

“Padahal aku diem bukannya ngga ngerti, tapi aku bingung di Matahari ada supermarket aku ngga,” curhat Zinda ke aku.

Gue ngakak jungkir balik. Emang nikmat banget ngetawain penderitaan orang ya, hehehe.

Bule ganteng tak dapat diraih, kualat tak dapat ditolak.

Beberapa minggu setelah insiden ngetawain Zinda itu, aku naek motor berangkat les ke sekolah. Aku sama sekali nggak nyangka kalo jalan yang biasa aku lalui kalo ke sekolah ternyata juga jalan ke Ubud *geblek*. Cuman, kalo ke sekolah aku belok kanan, sementara kalo ke Ubud tinggal lurus aja. Kealpaan atas pengetahuan itu jadi bencana.

Aku lagi berhenti di perempatan nungguin motor-motor yang lewat, waktu aku mendadak ngendenger suara-suara lelaki asing.

“Permisi.”

Mampus deh, aksen yang khas itu menandakan kalo ada bule yang manggil. Aku noleh.

Alamak, bulenya ganteng, hehehe.

“Ubud? Is this way?”

“Hah?” mendadak IQ-ku terjun bebas.

Aku buta jalan.

“U-B-U-D. Is this way?”

“Hah, Ubud?” tampangku kayak penderita sindrom Edwards.

Si bule rupawan ngelurus-lurusin tangannya mengisyaratkan arah jalan (yang menurutku kayak gerakan mau nyembelih orang, saking gondoknya dia ngomong ama aku).

“Uuh, I’m sorry. I’m still new here. I’ve just moved from Java two days ago.”

Aku bo’ong. Nistanya aku.

Si bule nyengir, entah lega karena akhirnya aku bisa ngomong ato lega karena jadi punya alesan buat cepet-cepet pergi dari orang sarap yang dia tanya ini.

“Owh, that’s OK. I’m not from here also.”

Nenek-nenek dugem juga tauk!

Aku nyengir kuda nil, sementara si ganteng berlalu memperlihatkan punggungnya yang bertato.

Kayak gini ya rasanya karma? Pait juga…

Temen-temenku ngakak dengan biadabnya waktu aku nyeritain itu.

“WAHAHAHAHAHAHAHAHA! LEMOT, UBUD AJA KAGA TAU!”

Yeah, ngomong aja gitu, aku ngga protes. Nyatanya punggungkulangsung layu kayak ngga ada tulang saking lemesnya ketemu tuh bule. Udah masang tampang bego, ngomong ngaco, nge-bo’ong lagi.

Jangan sampe deh ketemu lagi ama tuh bule kalo suatu hari nanti aku lagi jalan-jalan di Kuta, trus dia nanya, “Hi, remember me, who ask you the way to Ubud? So, you’ve stayed in Bali, huh?”

Dan aku, sambil nyengir kuda laut jawab, “Yeah, and now I’m try to learn the way to Ubud and Sanur.”

Wahai pasir-pasir Kuta, telanlah aku.

10 thoughts on “Karma vs Excuse Me

  1. fiqih says:

    NGAKAK GULING GULING XDDDDD
    eonnie aja-aja deh hahahaha
    tapi emang bener, susah banget rasanya kalo mau ngomong langsung sama bule
    aku beberapa kali ketemu bule, boro-boro nyamperin aku malah kabur . padahal giliran bulenya ngga ada, aku ngomong pake bahasa inggris sendirian -_-
    nasib nasib

Leave a Reply

