Mereka Bilang Saya Aneh

Ini tidak berlebihan, tapi ini kenyataannya. Mereka pikir, menyukai sekelompok grup band yang semuanya menyanyi dengan bahasa ‘aneh’, menari hip hop dan mengenakan pakaian ‘nyentrik’ adalah suatu hal yang tidak lazim, aneh yang diperhalus. Mereka pikir, sering mendengarkan lagu-lagu yang ‘berbahasa asing’ (maksudku, lagu-lagu selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) adalah suatu hal yang mengherankan, aneh yang diperhalus (lagi). Mereka pikir, kami tidak punya hal lain yang dibahas selain KPop, kami tidak tahu hal apapun lagi selain KPop. Ya, saat ini aku memang sedang membicarakan KPop. Korean Pop, kuberitahukan, bagi kalian yang tidak tahu kepanjangan dari apa KPop itu.

Mereka pikir, kami pecinta KPop harus mengekslusifkan diri dari orang-orang sekitar, membentuk kelompok-kelompok untuk membicarakan (baca: menggosipkan) hal yang kami sukai itu, dan sepanjang hari, kami akan terus menerus membicarakan KPop tanpa peduli dengan yang lain. Adalah suatu kesenangan, mungkin, kalau mereka bisa bercanda tentang kesukaan kami, menganggap kami adalah orang-orang aneh dengan segala kegirangan kami, dan akhirnya, tiap kali kami berkumpul lagi, mereka sudah bisa menebak, “Pasti lagi ngomongin Korea, ya?”. Sulit kuceritakan bagaimana ekspresi mereka saat mengatakan itu, dan saat mereka tahu kalau memang benar kami sedang membicarakan KPop.

Selama ini aku merasa rendah diri saat menyadari kalau mereka menganggapku aneh. Aku pura-pura menjauh atau agak menjaga jarak dari teman-temanku yang juga menyukai KPop, tiap kali mereka menatap kami dengan tatapan pasti-lagi-ngomongin-korea-ya itu. Aku mencoba untuk senormal mungkin, tidak terlalu menggilai KPop, menyukai KPop dalam batas wajar. Aku mencoba untuk hanya update KPop sebatas lagu-lagu, dan bukannya gosip. Tapi ketika mereka tetap dan masih saja menganggapku aneh, aku tidak bisa berbuat apa-apa.

Anehnya, sangat sulit untuk menanyakan pada mereka, “Apa yang salah dari kami?”. Ya, apa yang salah dari kecintaan kami dengan KPop? Aib-kah? Aneh-kah? Rasanya gampang-gampang saja kok bagiku untuk menerima kalau mereka lebih menyukai lagu-lagu dari negeri sendiri, atau lagu-lagu berbahasa Inggris, atau musik-musik dengan aliran seperti hip hop, RnB, atau death metal sekalipun. Tapi kenapa susah sekali bagi mereka untuk menerimaku yang menyukai KPop? Sekali lagi kutanyakan, apakah KPop itu suatu aib? Virus? Penyakit menular? Penyakit mental yang berbahaya? Wabah mematikan?

Atau hanya masalah bahasa? Apa mereka menganggapku aneh karena menyukai lagu-lagu yang bahkan aku sendiri tidak mengerti artinya? Baiklah, aku memang sama sekali tidak mengerti bahasa Korea, tapi kuberitahukan disini, ketika mereka menyukai sebuah lagu, katakanlah lagu bahasa Inggris, apa mereka harus selalu memperhatikan liriknya? Bukankah yang membuat sebuah lagu terdengar enak di telinga adalah komposisi musiknya? Toh akhirnya mereka juga harus mencari-cari liriknya di internet atau dimanapun, untuk kemudian bisa bernyanyi mengikuti lagu kesukaan mereka itu. Dengan kata lain, lagu bahasa Inggris pun belum tentu mereka mengerti, tidak menyukai KPop dengan alasan bahasa, maaf saja, bagiku tidak tepat.

Mungkinkah mereka merasa tidak lazim dengan laki-laki yang menggunakan eyeliner dan make up? Apakah mereka tidak lazim dengan laki-laki yang mengenakan pakaian nyentrik, lalu menari beramai-ramai dan menyanyi dengan bahasa yang menurut mereka seperti bahasa planet-entah-apa-namanya? Apakah mereka tidak lazim dengan pretty boy, dan menganggap kalau pretty boy = (maaf) banci? Apakah mereka merasa tidak lazim melihat orang Asia berambut pirang, kelabu, atau bahkan merah (tentu saja bukan warna alami)? Atau mungkin mereka merasa tidak lazim dengan kenyataan kalau kebanyakan artis Korea, atau bahkan orang Korea yang bukan artis, melakukan operasi plastik? Apa pertanyaan-pertanyaan itu betul semua, apakah memang itu yang mereka pikirkan?

Jujur, aku tidak tahu kata-kata apa yang harus kugunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, dari awal aku sudah mengatakan pada diriku sendiri kalau itu memang hak mereka, dan inilah resikonya menyukai sesuatu yang “ada di luar jalur mainstream”, selain itu, aku memang tidak bakat debat. Aku hanya bisa menulis ini, semua unek-unekku, semua perasaan rendah diriku selama ini, dengan bahasa sesopan dan senormal mungkin.

“Ah, gawat banget kamu Fit, gitu aja tersinggung.” Terima kasih sudah memahamiku karena aku memang selalu tersinggung selama ini. Aku memang perasa, mudah terbawa suasana hati hanya karena omongan satu orang, apakah ini hal juga termasuk aneh kalau aku tersinggung?

Apapun yang mereka katakan, seberapa sering mereka menatapku dan teman-temanku dengan tatapan pasti-lagi-ngomongin-korea-ya, aku tidak akan mengubah apa yang sudah kucintai sejak awal. Aku tidak akan berhenti mendengarkan lagu-lagu berbahasa (yang menurut mereka) aneh itu. Aku tidak akan berhenti menyukai Super Junior yang menurut mereka aneh karena jumlah membernya yang banyak, B2ST yang menurut mereka aneh setelah melihat kostum-kostumnya di MV Bad Girl, DBSK dan SHINee yang menurut mereka aneh entah di bagian mana, 2NE1 yang menurut mereka aneh karena style fashion mereka yang ‘saling tabrak’, IU yang menurut mereka aneh karena namanya yang hanya terdiri dari 2 huruf, Big Bang yang menurut mereka aneh karena style fashion G-Dragon yang juga ‘saling tabrak’ dan MV mereka yang hampir selalu identik dengan kumpulan cewek-cewek seksi. Aku berusaha untuk tidak rendah diri lagi. Sudah cukup mereka menganggapku aneh karena aku menyukai KPop, tidak perlu lagi menambah keanehan mereka yang melihatku menjadi rendah diri hanya karena dikatain aneh.

Tuhan menciptakan setiap orang di dunia ini berbeda-beda, semua orang tahu itu. Aku sangat memahami kalau aku tidak pantas memaksa orang lain untuk menyukai hal yang sama. Aku tidak ingin dianggap egois dan tidak menghargai pendapat orang lain, aku hanya ingin dimengerti. Itu saja.

20 thoughts on “Mereka Bilang Saya Aneh

  1. eunjomelody says:

    Aigo~~ ya ga usah dipeduliin, mereka ga punya hak buat ngelarang suka dengan apa yang kita suka. Kita ni ada HAM-nya, kalau mereka ga suka ya biarin aja. Memang pengarruh dengan kita ya ? Ga kan?
    Kalau mereka bilang idola kita aneh, ya berarti mereka yang katrok ==’ ga pernah liat begituan ya? Changcuters tuu (*maaf cm sbg contoh) it juga gaya mereka sendiri, aga jadul tetpi banyak yang suka dengan mereka karena sifat mereka yang rame, lucu dan khas.. dan juga, haruskah kita ngelarang mereka bw suka dengan itu ?😄

    • v3aprilia says:

      Ya, aku hanya berharap mereka mau ngerti dan biarin aku apa adanya, eh lebih tepatnya, nerima aku apa adanya. Toh aku ngga pernah ganggu atau mencela favorit mereka, kenapa mereka ngga bisa ngelakuin hal yang sama kayak yg aku lakuin?

      Gomawo komennya…🙂

  2. lee hyo min says:

    wah..trnyata situ mikir apa yg dipikirkan org lain..
    saya kalo ngomongin korea sampe lupa dunia(emangnya inget akherat ya?)..sampe nggak mikirin apa yg dipikiran org laen

  3. leeyongin says:

    wah setuju tuh !! aku dan teman-teman penyuka koreaku yang lain juga sering digituin ama yaa.. mereka2 yang sukanya biasa2 ajaa..

    sama kayak chingu.. kalo kita juga lagi kumpul juga kayak gitu, pasti mereka bilang “Korea lagi.. Korea lagi..”
    tapi ujung-ujungnya mereka kalo ngeliat orang2 Kpop , pasti bakalan jerit jerit juga “wah.. itu ganteng banget ya !!”
    bahkan ada yang juga gag suka ama Korea , pas ngeliat MV Bonamana langsung deh jadi kpopers ==’

    Kpop juga sama.. Sama kayak mereka suka ama lagu2 inggris ato yang lainnya . Itu sesuai hati kita masing2.. Asal mereka tahu itu..

    Kekeke🙂
    mian ya chingu udah ngeluarin unek2 geje disini ^^

    Beideweii , chingu juga suka ya ama BB/GB/Singer diatas ?? Aku juga looh ^o^

  4. ilmacuccha says:

    yupp~
    banyak banget yg bilang kayak gitu,
    apalgi ke BB-nya, masa dibilang banci, dan malah mengidolakan org-org yg sebenarnya cantik pula!
    ‘apa sih bagusnya mereka? bahasanya juga aneh’ sering banget denger itu dari temen yg sinis ma Kpop, aku rasa aku juga gk pernah ngomong gtu tntang idola dia, tapi knapa dia malah sewot,
    aishh! kalo ngomongin ini pasti bakal panjang!
    yasud, yg penting kita tetep suka Kpop!!
    hwaiting~

  5. RaukaRaudatul.Karimah says:

    Bener banget!!
    Aku ama temen aku kan di taman mini bareng temen2… abis itu waktu kami denger lagu Korea, mereka pada ngomel-ngomel ngga jelas, abis itu ada yg namanya kak silla bilang gini “Lagunya cuma korea aja ya?!” padahal, seujujurnya, Korea itu ngga berpengaruh sama mereka sekalipun, itu karena mereka iri mereka telat tahu K-POP. Temen yg namanya jeihan juga suka protes-protes kalo aku dan temenku nyanyi lagu korea ato dengerin lagu korea😐 malang nasib kami…………. Tapi makin lama makin biasa juga sih.. setiap hari dibilang Gila waktu nyanyiin lagu Korea, pasti dibilang bahasa alien mulu…

    Eonnie hebat ya! Tau perasaan kami semua!🙂

  6. Aiko_247 says:

    yah, bgitulah orang2 yg tak mmpunyai wawasan, sirik, nd tak mghargai ssuatu..
    aq juga sering bget diktain kyk gtu gara2 suka jepang..
    malah aq di usir dari negara ini cma gara2 kcintaan q t’hadap negara asing.😥
    klo bleh milih ya, chingu aq lbih baik pindah ke negara asing yg lbih mghargai warga’a drpd org2 indo yg munafik nd ga bisa mghargai ssuatu..
    yah, jdi curcol kan?
    abaikan saja mreka, chingu.. nnti pzti ada saat’a mreka mrasakan brada di posisi kita..

    cukup t’senyum nd tidak mmbalas p’ktaan mreka..😉
    Hwaiting !!!😀

  7. jeeYa jung(SuShi) says:

    setuju setuju. .
    mirip banget kaya yang aku alami TT

    onnie aku juga perasa, ,satu orang ngomong nyablak sampe besok masih kebawa itu omongan*curcol

  8. Park Eunhye says:

    hahaha ternyata semuanya sama ya??? gak beda jauh ternyata, bukan!! tapi emg gak da bedanya
    semua tatapan sinis, celaan, hinaan, pertanyaan yang sama, itu semua didapet orang2 KPopers ya??

    aku kira cuma aku doank yang dapet, wkwkwk /bugh
    aneh?? orang aneh?? yang suka KPop aneh??
    ataaauuuu mereka yang gengsi gak mau ngakuin kalo mereka juga suka??

  9. Lixiu Park says:

    setuju tuh!
    masa cuma karena kita suka sama hal2 yang berbau korea dibilang aneh. kita ini yang suka, bukan mereka. kenapa mereka yang ribet. toh selama mereka suka dengan hal2 lain, kita ga pernah protes.

  10. SariElfShawol says:

    Bner bgt unnie !! Tmen2 kelas ku jg gitu,,sering bgt bilang ak aneh,..sampe2 guru TIK ku jg gitu,..,emank sieh d kelas ku yg Kpoplover cm bbrp doank,.,tp ak bkal trus brusaha biar KpopLover brtambah !!

  11. ☃Cho Sunnie (@anisanis_) says:

    aku jg ngalamin gini kok u,u
    tapi untungnya ‘cuman’ di mata anak-anak cowok di kelas, yang diluar kelas taukdeh ga peduli.. haha.
    dan untungnya lagi semua anak cewek di kelas sama-sama kpopers😀 yah semuanya, kedengeran banyak ya tapi sekelasku cuman ada 6 cewek (termasuk aku haha) dan 7 cowok.

    eh kok jd curcol?
    yah pokoknya ini tulisannya bener banget deh onn, jd mikir ternyata selama ini yang dipikirin orang-orang yg ga sealiran(?) sama kita, yah selama ini aku ga mikirin banget sih ._.v
    sempet sih ngrasa dilirik aneh kalo misal lagi ngumpul di tempat terbuka di sekolah(?) trus kita ber6 heboh (ya taulah gimana hebohnya haha) tapi cuek aja deh onn~🙂
    kan biar mereka yg dosa, kita ga ikut dosa.. hehe.

    tp sekarang mah makin banyak yg suka kpop, gatau knp jd sebel *eh? -_-

Leave a Reply

